SISTEM BAHAN BAKAR MOBIL

Sistem penyaluran bahan bakar pada mobil menyediakan kebutuhan bahan bakar saat terjadinya langkah isap pada mekanisme engine. Proses ini terjadi dengan masuknya campuran baham bakar dan udara menurut perbandingan tertentu yang menentukan mekanisme performa engine. Sistem penyaluran sendiri dan sistem penyaluran dengan tekanan.
Pada sistem sendiri, yaitu bensin dari tangki menuju ke saringan dan terus ke karburator, kemudian dengan melalui saluran pemasukan terus menuju ke ruang pembakaran (silinder). Pada sistem penyaluran dengan tekanan, yaitu pengaliran bensin dari tangki bahan bakar ke karburator memerlukan tekanan. Untuk mendapatkan tekanan ini digunakan pompa bahan bakar.
Pada sistem pengaliran dengan sendiri sudah jarang dipergunakan, sedangkan mobil-mobil dewasa ini hampir semua menggunakan pompa dan sistem pengaliran bahan bakar yang modern.
Sistem penyaluran bahan bakar berdasarkan komponen pencampur bahan bakar dan udara terbagi dua sistem carburator dan sistem fuel injection. Sistem carburator digunakan untuk mobil-mobil yang biasa, sedangkan sistem fuel injection digunakan untuk mobil-mobil spesial (sport, high class). Sistem bahan bakar dengan carburator, bagian-bagiannya adalah:
1. Fuel
2. Fuel tank
3. Fuel strainer
4. Fuel pump
5. Carburator
6. Intake manifold
7. Cylender engine
8. Exhaust manifold
Bahan bakar yang dapat digunakan untuk gasoline engine adalah:
1. Bensin/gasoline
2. Gasohol(gasoline+alkohol)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL SISTEM EFI

CERITA MOTIVASI HIDUP TENTANG SEORANG GURU BIJAK DAN TOPLES BESAR

SARINGAN BAHAN BAKAR DAN SEDIMENTER