Bicara Dengan Jelas dan Bahasa yang Baik



20. Bicara Dengan Jelas dan Bahasa yang Baik


Berbicaralah dengan jelas dan menggunakan bahasa yang baik dan benar supaya para pendengar dapat dengan mudah memahami penjelasan anda.
 
 

Gunakan Waktu Secara Efisien



21. Gunakan Waktu Secara Efisien


Setiap presentasi akan dibatasi oleh waktu. Atur waktu pembicaraan sehingga semua bahan presentasi dapat disampaikan sesuai dengan jadwal. Beberapa materi yang mudah dipahami, cukup dibahas secara singkat. Sisakan waktu untuk sesi tanya jawab.


Fokuskan pada Masalah Pokok



22. Fokuskan pada Masalah Pokok


Kurangi pembicaraan dan pembahasan yang tidak penting. Berikan penekanan dan porsi lebih banyak pada pembicaraan inti yang penting dan ingin diketahui oleh audiens.

 

Latihan pernafasan



23. Latihan pernafasan


Atur nafas dengan baik dan pastikan Anda mengetahui cara mengambil nafas saat sedang menyampaikan kalimat yang cukup panjang sehingga pembicaraan tidak terputus.
 

Latihan presentasi dengan orang yang Anda kenal



24. Latihan presentasi dengan orang yang Anda kenal


Dengan melakukan latihan akan memberikan Anda keyakinan terhadap materi yg hendak disampaikan. Berlatih didepan sekumpulan orang yang Anda kenal seperti anggota keluarga atau teman dengan minimal 3 orang. Dan setelah melakukan presentasi didepan mereka, tanyakan kepada mereka kelebihan dan kekurangan dari presentasi yang Anda lakukan; setelah itu coba perbaiki kekurangan yg ada.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL SISTEM EFI

SARINGAN BAHAN BAKAR DAN SEDIMENTER

CERITA MOTIVASI HIDUP TENTANG SEORANG GURU BIJAK DAN TOPLES BESAR